Sakit Mata

kenal lebih jauh tentang kesehatan mata keluarga anda

√ 3 Cara Ampuh Mengobati Sakit Mata Merah Dan Belekan

Cara Mengobati Sakit Mata Merah dan Belekan – Sakit mata merupakan penyakit atau gangguan pada mata yang bisa membuat mata terasa perih atau sakit. Walaupun sakit mata bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri. Sejak dahulu, penyakit mata diyakini dapat menular jika kita menatap langsung dari mata-kemata. Maka tak heran jika ada yang enggan berdekatan dengan orang yang sedang sakit mata karena diyakini dapat menular. Selain menular, sakit mata juga diyakini kita mengintip sesuatu yang tidak-tidak. Maka saya sendiri jika terkena sakit mata rasanya sedikit malu untuk keluar bersama teman-karena bisa di bully yang enggak-enggak. Ternyata Sakit mata itu bervariasi penyebabnya, dan tidak semua penyakit mata itu bisa menular. Sebaiknya jika mata anda merasa gatal lebih baik jangan dikucek, karena bisa menyebabkan iritasi pada mata. Jika rasa gatal tersebut dirasa cukup lama, lebih baik lakukan tindakan penyembuhan seperti dengan meneteskan obat sakit mata supaya gatalnya menghilang. Viral Conjunctivitis merupakan gangguan mata yang disebabkan oleh virus dan termasuk jenis sakit mata yang menular.

Namun tenang, sakit mata jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena dalam beberapa hari saja akan sembuh dengan sendirinya. Ciri-ciri dari penyakit viral conjunctivitis ini adalah dengan adanya cairan bening dan encer dari mata. Sakit mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan termasuk kedalam jenis sakit mata yang lumayan serius, karena jika tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Perbedaan antara sakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu terletak dari cairan yang dikeluarkan. Jika viral konjungitivitis ditandai dengan adanya cairan bening dan encer, maka konjungtivitis bakteri ini sebaliknya yaitu ditandai dengan adanya cairan kental berwarna kekuningan atau yang lebih kita kenal dengan belek (belekan). Persamaannya yaitu sama-sama termasuk kedalam jenis sakit mata yang menular. Gangguan mata ini disebabkan oleh alergi seperti debu, serbuk sari atau pun bulu hewan peliharaan. Sakit mata ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun penyakit ini tidak termasuk kedalam kategori sakit mata yang menular. Penyakit mata jenis ini biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada mata. Sakit mata jenis ini disebabkan oleh iritasi seperti halnya kelilipan atau karena terkena percikan.

Tanda dari gangguan mata ini diantaranya mata berair sedikit kental, biasanya akan sembuh dalam waktu satu hari namun bisa juga lebih. Untuk mengobati sakit mata jenis ini anda bisa gunakan obat tetes dan salep anti biotik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja. Perlu anda ingat dan ini sangat penting, sebelum menggunakan obat tetes atau salep tersebut, terlebih dahulu anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar anda dapat saran dan petunjuk yang tepat. Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama kurang lebih satu hingga tiga minggu. Mungkin anda akan memerlukan obat antivirus saat dokter menyatakan bahwa sakit mata yang anda derita diakibatkan oleh virus herpes simplex. Namun jika sakit mati yang anda alami itu disebabkan oleh alergi, anda bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, anda harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, Agar mendapat petunjuk perawatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mencegah atau mengurangi alergi. Dari beberapa cara mengobati sakit mata secara ampuh mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan. Cara diatas bukanlah cara alami seperti biasanya akan tetapi anda tidak usah khwatir, jika penggunaanya sesuai dengan petunjuk maka akan cepet sembuh.

Timbilan secara medis disebut sebagai hordeolum, yaitu suatu infeksi akut pada kelenjar minyak dari kelopak mata. Infeksi ini menghasilkan benjolan keras dan merah di kelopak mata. Benjolan ini pada akhirnya mungkin akan berisi nanah. Anda harus mengatasi mata timbilan ini dengan cara yang tepat. Timbilan disebabkan oleh kotoran, riasan, atau kotoran lain yang menghalangi dan menginfeksi kelenjar minyak dengan bakteri. Bakteri yang dikenal sebagai staphylococcus ini bertanggung jawab untuk 90 hingga 95 persen dari timbilan. Bakteri lain mungkin saja terlibat dalam beberapa kasus. Orang beresiko tinggi memiliki timbilan jika mereka menderita suatu kondisi yang disebut blepharitis, yang menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata. Faktor-faktor seperti kebersihan yang buruk, stress dan perubahan hormon juga dapat berkontribusi untuk masalah ini. Anda mungkin memiliki lebih dari satu timbil dalam waktu yang sama. Biasanya, timbil berisi nanah dan tampak seperti jerawat di kelopak mata. Kebanyakan timbil berkembang di sepanjang tepi luar kelopak mata, tapi juga bisa terjadi pada bagian dalam kelopak mata. Gejala umum timbilan adalah rasa sakit, bengkak, nyeri, sensasi terbakar, gatal, sulit berkedip, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, dan keluarnya lendir dari mata yang terkena timbil. Timbilan biasanya akan mereda sendiri dalam waktu satu atau dua minggu.

Updated: March 11, 2018 — 11:42 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sakit Mata © 2015 Frontier Theme