Jenis Penyakit Mata

jenis sakit mata 300x160 Jenis Penyakit MataTerima kasih telah menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel singkat dari kami tentang penyakit mata dan juga tentang jenis penyakit mata. tentunya dalam lingkungan anda ada orang yang terkena sakit mata. tapi pada umumnya orang hanyak mengenal sakit mata yang berupa mata min atau mata plus. ternyata jenis penyakit mata itu ada beberapa macam dan ada juga jenis penyakit mata yang bisa menular. berikut ini akan kami bahas lebih lanjut tentang maca-macam penyakit mata yang umum terjadi.

jenis Penyakit mata, seperti yang dituturkan Dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Ph.D ., memang mudah menular. Cara penularan biasanya melalui media yang secara sengaja atau tidak, sudah tersentuh penderita. Misalnya, penderita habis mengucek mata lalu bersalaman dengan orang lain. Akibatnya orang tersebut bisa terjangkit penyakit serupa.

Namun walaupun mudah menular, kata Tjahjono, cara mencegah penyakit mata ini sebetulnya sederhana saja, yakni dengan memisahkan peralatan/perlengkapan sehari-hari yang digunakan penderita.Contohnya handuk, selimut, atau pakaian.

Yang perlu diketahui, penyakit mata sangat beragam jenisnya dan tidak semuanya merupakan penyakit menular. Penyakit mata yang bisa menular hanyalah yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, sedangkan yang disebabkan alergi tidak akan menular. Upaya penyembuhan sakit mata akibat alergi bisa dilakukan dengan pengobatan rutin dan menjaga mata agar bebas dari sumber-sumber peemicu seperti debu, bulu, asap, dan lainnya.

berikut adalah jenis penyakit mata dan cara penanganannya seperti yang diutarakan Tjahjono:

KONJUNGTIVITIS (MENULAR)

Adalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Penyakit yang mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.

Bayi juga dapat menderita penyakit serupa. Hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yang timbul ketika melewati jalan lahir. Lantaran itulah, pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal. Seperti diketahui, jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yang mungkin bisa menimbulkan infeksi.

Nah, saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina), ia tentu akan terpapar kuman yang ada di lokasi itu. Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah dan belekan. Oleh karena itu, pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.

Penanganan:

  • Kompres mata dengan air hangat.
  • Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Biasanya penderita juga diberi tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
  • Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
  • Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.

KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV)

Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Gejalanya: mata merah, berair, gatal, kelopak mata bengkak, dan terjadi kotoran mata (belekan). Perlu diketahui KV merupakan peradangan yang berulang alias musiman dan penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas. Terkadang penderita KV mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yang menyebabkan nyeri yang akut.

Penanganan:

  • Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi
  • Mata dikompres dengan air hangat.
  • Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.

ENDOFTALMITIS

Merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.

Penanganan:

  • Dokter mata biasanya memberikan obat antibiotika.
  • Untuk mengeluarkan nanah yang berada di bola mata, penderita harus menjalani pembedahan.

SELULITIS ORBITALIS (SO)

Yaitu peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta penderita mengalami demam. SO pada anak-anak sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi yang berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus. SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak atau pembekuan darah di otak.

Penanganan:

  • Untuk kasus yang tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
  • Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yang terinfeksi.

TRAKOMA (MENULAR)

Adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis.  Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk. Lantaran itulah, trakoma sering menyerang anak-anak, terutama di berbagai negara berkembang. Pemaparan bakteri berlangsung saat anak menggunakan alat atau benda yang sudah tercemari Chlamydia  seperti sapu tangan atau handuk.

Gejala trakoma adalah mata merah, mengeluarkan kotoran (belekan), pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening, serta kornea kelihatan keruh. Penyakit ini sangat menular.

Penanganan

  • Jauhkan alat/benda yang sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yang lain.
  • Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yang mengandung tetracycline dan erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
  • Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam dan terjadilah gangguan penglihatan.
  • Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan.

BLEFARITIS

Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yang berfungi melindungi bola mata dari iritasi. Lapisan yang sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar, yaitu kelenjar minyak, air dan lendir. Nah, blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan. Sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yang juga sering didatangi bakteri.

Gejala blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka di bagian kelopak mata dan membengkak. Pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata. Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior dan blefaritis posterior. Yang pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus. Yang kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam, yaitu bagian kelopak mata yang bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.

Penanganan:

  • Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak. Ada sejenis pembersih khusus yang bisa digunakan.
  • Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin  atau sulfacetamide. Bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline .

DAKRIOSISTITIS

Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah dan penderita mengalami demam.

Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan. Sementara yang tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan di atas kantung air mata. Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.

Penanganan:

  • Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
  • Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata
  • Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.

ULKUS KORNEA (UK)

Adalah infeksi pada kornea bagian luar. Biasanya terjadi karena jamur, virus, protozoa atau karena beberapa jenis bakteri, seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing. UK terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam dan belakang kornea. UK yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yang lebih dalam, perforasi kornea (terjadi lubang), kelainan letak iris (selaput pelangi) dan kerusakan mata.

Gejalanya mata merah, nyeri, gatal, berair, muncul kotoran mata, peka terhadap cahaya (photo phobia) , pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan, dan gangguan penglihatan.

Penanganan:

  • Penderita UK perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi, tes air mata, pengukuran kornea (keratometri), dan tes respons refleks pupil.
  • UK tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotika, antivirus atau antijamur.
  • Penderita yang tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.

188 Responses to Jenis Penyakit Mata

  1. Hamba Allah says:

    kalo sakit nya di tengah2 mata terus bisa ngerambat ke gigi itu nama nya apa yah???
    n penanganan nya gimana???
    thanks ^^
    bales ya boleh lwat e-mail or blog

    • alqodr says:

      mohon maaf bisa di jelaskan lebih spesifik sakit dimatanya seperti apa??? dan gejala di gigi juga seperti apa??

  2. rizka says:

    Mata saya suka pusing jika saat membaca buku, tetapi saat di periksa gada masalah. sebenarnya itu penyakit apa ya?

  3. yosapat miracle says:

    akhirnya saya dapat juga penyakit mata terima kasihnya

  4. abdul hamid says:

    adik saya mata sebelah kiri kalau melihat ada dua bayangan. setelah diperiksa kuranglebih bahasanya seperti ini “ada lubang di pupil matanya,seharusnya lubang tempat cahaya masuk ada satu(ditengah) tp di mata kirinya berlubang cukup lebar hampir setengahnya dan solusinya harus dijahit dan itupun tidak menutup kemungkinan lubangnya bisa dijahit sampai tertutup semua karena cukup besar. penyebabnya karena terjadi benturan keras dan memang dulu sekitar 8 taun yg lalu mata kirinya terkena tembakan mainan”
    yang saya tanyakan apakah berbahaya untuk jangka panjangnya jika setelah dioperasi dan apakah kalau dibiarkan lubang itu akan semakin melebar?
    terima kasih.

  5. yudiari says:

    mata saya tumbuh putih-putih seperti daging di pingir bola mata, itu penyakit apa namanya ??
    dan cara penanganannya ?

    • alqodr says:

      kalau untuk pemakaian salap mata dalam jangka waktu lama tidak bagus buat mata bu,,
      kalau anda mau coba obat herbal super lutein insya allah bisa membantu dan aman karena terbuat dari bahan2 herbal..
      terima kasih

  6. dina says:

    mata saya pernah sakit ( biceran ) sdh sembuh tapi lama2 kambuh lagi dan tumbuh benjolan yg tdk bsa hilang walau di kasih saleb mata.
    mohon petunjuknya.

  7. Liza says:

    Anak saya berumur 6 tahun. Seringkali matanya kemerahan dan dia akan menggosok matanya berulang kali. Matanya juga selalu berair. Kelihatan di anak matanya seakan-akan selaput .Saya akan menitiskan eye mo utk kelegaan matanya. Adakah penyakit mata anak saya ini serius?

    • alqodr says:

      kalau memang dengan tetes mata gatal tidak berkurang kemungkinan sakit matanya sudah serius bu…
      kami sarankan jangan menggunakan tetes mata dalam jangka waktu lama,,,
      lebih baik melakukan penindakan dengan membawa ke spesialis penyakit mata yang terdekat dari tempat tinggal ibu

  8. syane says:

    Cucu saya umur 5 bulan .biasa normal2 matanya ..seminggu terahir kliatan se waktu2 matanya suka sperti sering melirik ke kiri atas . Lalu agak juling tapi sebentar …. lalu biasa lagi

    Kenapa ya?

    • alqodr says:

      coba hindari melihat anak dalam keadaan telentang dari sisi atasnya nek…
      biasakan untuk melihat anak dari sisi bertatapan langsung saja….

  9. Unii Fajar says:

    saya mau bertanya
    jika sakit mata nya itu hanya pada mata kanan dan gejala ny seperti mata nyeri bahkan sampai ke bagian dalam mata, kalau sudah terasa sakit akan seperti otot mata ny tertarik sampai kebagian pelipis mata dan sekarang rasanya sakit itu sudah menyebar sampai ke alis mata bagian kiri, dan juga rasanya kepala menjadi pusing. Tolong di share, ini sakit mata jenis seperti apa? dan bagaimana cara untuk menindakinya supaya tidak seperti ini lagi. Terimakasih.. :)

    • alqodr says:

      kemungkinan sakit mata yang anda alami bisa karena mata terlalu cape dan atau ada gangguan pada syarafnya,,,
      untuk penanganan dan pencegahan supaya tidak berkelanjutan kami sarankan memakai obat mata super lutein

  10. Rudi says:

    Mau Tanya. Dipenglihatan saya seperti Ada bayangan rambut/seperti nyamuk,bgmn cara tindakannya? Tks

  11. MUHAMAD JUANDA says:

    anak saya berusia 5 tahun…sejak usia 3 tahun matanya selalu merah,ini sejak dirawat di RS…sebab sebelumnya dirawat,matanya normal (tidak merah)..apakah ada pengaruh dari obat yang diberikasn oleh dokternya?bagaimana sebaiknya?

    • alqodr says:

      kemungkinan efek samping dari obat kimia bisa saja pak….
      untuk solusi pemakaian obat herbal S Lutena secara rutin insya allah bisa membantu pak….
      semoga dapat membantu…

  12. fitriana says:

    anak saya berusia 2,5 thn ,mata yang kiri ada titik hitam says tdk tau itu apa…
    tp wkt usia’y msh 1 tahun belum ada g
    saya g tau pasti kpn titik hitam mulai ada
    berbahaya g?

    • alqodr says:

      bisa jadi titik hitam itu ada karena adanya bekas benturan dan mengakibatkan berkumpulnya darah mati pada mata anak ibu
      untuk berbahaya atau tidaknya relatif bu….
      apakah anak itu merasa terganggu atau tidak dengan adanya titik hitam tersebut??

  13. bowo says:

    saya punya masala sama mata saya yg kiri,pemandangan saya tergagangu karna semacam kabut di mata,namun d lihat dari kaca baik-baik aja tidak ada semacam apapapun,kadang mata saya terasa pegal atau sakit,apa ya pemyebabnya?dan g mana meyembuhkanya?

    • alqodr says:

      kalau untuk penyebab sakit mata anda kemungkinan banyak . salah satu mungkin karena terlalu fokus di depan komputer dll, yang menyebabkan mata terlalu capek..
      untuk obat mata yang anda perlukan insya allah bagus pakai S LuTena
      terima kasih semoga bisa membantu

  14. Aisah says:

    Mw tnya,.
    D klopak bwah mata sya bgian dalemny ada benjolan keras kalo d pegang agak nyeri n bnjolanya tdk hilang2,ap yg hrus sya lakukan?

  15. yuni says:

    sya mau tanya belakangan ini mata saya terasa sangat lelah dan jika melihat jarak yg sedikit jauh akan terasa berbayang dan dipinggir pupil mata seperti ada lemak,mohon bantuannya

  16. achi says:

    ayah saya mata nya sering berkedip sendiri.apa bila terkena sinar matahari akan semakin parah berkedipnya.itu merupakan pnyakit mata atau saraf?sudah berobat ke dokter ahli saraf dan juga dokter mata tetap tidak sembuh.bagaimana cara mengatasi nya?

  17. fika says:

    mama saya sedang sakit mata dok, jadi gejalanya itu mata berair, dan nyeri kalo ga pake kaca mata. trus kalo melihat hanya terfokus pada pandangan depan sebelah kiri atau kanan gak nampak… obat tetes udah diberikan, namun tiap dipakai akan menimbulkan rasa gatal. kata dokter mama saya kena penyakit mata glukoma. apakah benar dok??? karna menurut saya dokter yang bilang itu kurang meyakinkan. makasih

    • alqodr says:

      kalau saran dari kami jangan di paksakan menggunakan obat tetes mata dalam jangka waktu lama…apalagi sampai mengalami iritasi.
      kalau rekomendasi dari kami anda coba obat sakit mata s lutena sebagai alternatif lanjutan,,,,untuk pemakaian dalam waktu lama pun aman,,,,
      untuk penyakit yang di derita ibu bapak kemungkinan bisa jadi beliau terkena glaukoma

  18. arindah says:

    sudah lama saya sering insomnia ,terakhir tidak bisa tidur selama 2hari saya merasa nyeri di bagian kelopak mata sebelah kiri lalu saya paksakan untuk tidur ketika saya bangun mata sebelah kiri saya sudah bengkak dan tersa nyeri sekali,beberapa jam kemudian bengkaknya kempes namun mata saya tetap terasa nyeri walaupun sekedar untuk berkedip,dan ketika saya perhatikan lagi ternyata di dalam kelopak mata kiri bagian atas seperti ada sariawan, apakah itu termasuk blefaritis? apa itu berbahaya jika dibiarkan saja,?dan bagaimana penyembuhannya?

  19. tya says:

    kornea mata saya merah,tapi hanya sebelah,dan ada bintik putih yang menonjol,gejala nya suka sakit kepala,banyak kotona mata,kira2 itu sakit apa ya?dan gmana cara menyembuhkan nya,terimasih

  20. Prabowo says:

    Mata saya yang kanan beberapa hari lalu terasa agak sakit untuk berkedip. Sekarang bagian bawahnya sedikit bengkak (bengap) seperti baru bangun tidur atau seperti kena tojok. Penglihatan tidak kabur. Hanya untuk berkedip dan melirik ke bawah dan samping kanan saja terasa tidak nyaman.
    Kira-kira kenapa yaa?

  21. dhien aulya says:

    pada mata sebelah kiri saya ada lingkaran hitam(ungu) sudah ada sekitar setahun lebih, awalnya tidak ada gangguan,tetapi akhir@ ini sering terasa pegal kdang perih smpai pusing..itu knpa ya?apa akibat stress juga? sblumnya Makasih atas jwabnnya.

    • alqodr says:

      kalau sakit terus2an kemungkinan sakit mata anda bukan karena stres,,,
      mungkin saja ada masalah pada mata anda,,,
      untuk lebih lanjut kami sarankan untuk ke dokter spesialis dan melakukan cek up

  22. ulya says:

    mata ayah saya yang sebelah kiri membengkak dibagian bawah mata. jadi bulu matanya terkadang juga tidak terlihat krna masuk ke bagian mata. sering mengeluarkan kotoran juga dan memerah. apakah itu berbahaya? bagaimana penanganannya? mohon petunjuknya… terima kasih

  23. esan says:

    saya mata minus 2, lalu setiap saat saya kelelahan, penglihatan saya ada yang aneh, seperti melihat banyak bayangan titik-titik putih kecil seperti debu tapi berarah kedepan, terkadang ada banyak bayangan angka, itu penyakit apa?, berbahaya atau tidak?

    • alqodr says:

      apa sakit matanya sudah lama???
      kemungkinan tanda putih itu banyak,,bisa juga gejala katarak..
      soal berbahaya atau tidaknya yang namanya sakit mata itu tidak ada orang yang mau menderitanya

  24. nadia says:

    bagian mata bawah dibagian dagingnya itu sudah 3hari berwarna merah dan bengkak sampe luar seperti abis ditonjok. rasanya sangat sakit&gatal. saya sudah coba pakai obat tetes mata tp tidak sembuh. apa saya harus ke klinik?tolong sarannya terima kasih.

    • alqodr says:

      kalaumau ke dokter lebih bagus ,,,
      kalau mau coba pakai obat mata s lutena juga bisa bu,,,
      sudah banyak yang cocok juga dengan obat mata ini

  25. santi says:

    saya mau tanya, ada sedikit warna putih di tepi bola mata saya yg sbelah kanan, apakah itu? dan apakah berbahaya?
    dan beberapa hari ini mata saya sebelah kanan jg seperti terasa ada sesuatu tapi tidak ada apa”?
    thanks

    • alqodr says:

      kemungkinan bisa banyak bu,,,bisa jadi itu gejala sakit mata katarak
      tapi untuk lebih memastikan kami sarankan untuk datang ke dokter terdekat

  26. Yanti says:

    Mau nanya pak, anak sy umurnya 11 thn, matanya sering berkedip-kedip kalo sya tanya ktnya matanya terasa panas, kira2 penyakit apa itu pak dan apa obat yang cocok, trimksi.

    • alqodr says:

      untuk memastikan jenis sakit mata yang terjadi sama anak ibu bisa konsultasikan ke dokter mata terdekat,
      untuk obat herbal yang kami sarankan cocok dan aman bagi semua jenis sakit mata pakai obat mata S LUTENA

  27. Chris says:

    saya mau tnya, klo saya mlhat dgn mata kanan( mata kiri saya tutup), saya mlhat kabur(sbgian hitam, sbgian gi gak) tuh pnykit pa?

  28. Ika Agmz says:

    Didalam kelopak mata saya ada benjolan warna putih seperti sariawan kalo dimulut. Mohon info penanganannya. Trims.

  29. nurhayati says:

    Ada bayangan titik hitam di kedua mata saya, itu kenapa ya?

  30. Revydo says:

    Mau tanya mata aku di sakit di kelopak dan terasa gatal di mata apa namanya?

  31. Albina says:

    Dr saya sudah satu tahun kena penyakit mata,,,yaitu kalau kecapean membaca langsung sakit,sakitnya itu mata kaya berkunang-Kaunang, pusing,dan mau muntah,.

  32. alex says:

    Mata kiri saya bengkak merah seluruhnya, kotoran mata keluar setiap saat dan terasa sakit jika ditekan sedikit saja. kira” kenapa yaa dan apa obatnya. ?? karena ini sepertinya akan menulak kemata kanan

  33. husna says:

    mw tanya min…kalau matanya sakit gatal terus bengkak kepalanya pusing bgd…itu jenis sakit mata apa min m0h0n balesannya?

  34. vivi says:

    pak mau tanya… Kelopak mata kanan saya bagian bawah tepat nya di sudutmata, kelopak nya mengeras dan membengkak. Tersasa nyeri, berait dan kelopak nya merah. Udah di kasih obat tetes tapi gak ada perubahan. Bagaimana solusi nya pak n bahayakah. Terimakasih

  35. ilham says:

    aslmualaikum, sejak setahun yg lalu di mata saya, ada bintik hitam kecil,tetapi skrg smakin bnyk, dan menjalar ke mata sebelahnya, lebih jelas kl melihat di tempt terang,jenisnya bintik2 kecil dan tidak beraturan,dan ad yg bergaris juga,sy sangat mrasa tdk nyaman,terim kasih jawabanya, wslm

    • alqodr says:

      waalaikumsalam.wr.wb…kemungkinan dari bintik itu banyak pak….mungkin juga ada gannguan pada syaraf matanya…
      untuk solusi kami sarankan memakai obat mata s lutena
      karena khasiat dan kandungan dari s lutena sangat bagus untuk syaraf mata

  36. desi says:

    sudah 3 hari ini mata saya merah dan keluar air terus. dibagian dalam ujung mata, dekat hidung, selaputnya membengkak jadi terlihat seperti benjolan, terkadang jika untuk melirik rasanya seperti ada yg tertarik dan rasanya nyeri. Kira2 ini kenapa ya? Apakah ini bahaya?

  37. tya says:

    kalo d sekitar bola mata(selaput putih nya) bengkak itu knp y,,mhn tuk d jlskn
    thanks

  38. zaenal says:

    Assalamualaikum.. Dok Ibu saya mata kanannya bernanah seluruh matanya ditutupi selaput putih, apakah masi bisa di sembuhi ya Dok… Makasih..

  39. Agustina says:

    klo matanya bengak tapi gatau karena apa cara nanganinnnya gmn ? sudah 3 hari gk ilang2

  40. dian prastika says:

    Mata saya sering berair nhe..
    Trus lw lama membaca z jg sering pusing,,,,
    n penglihatan z juga udh kabur,,
    lw objek tertentu yg mw di liat i2 ndg bisa lo, kaya, ada warna yg menutup objek tersebut,,,
    lw gi2 ??
    Penyakit mata saya apa yach n cara penanggulanganx g mna????

  41. Essedem says:

    Mata saya merah sedikit dan berurat berserta gatal di bahagian putih mata..
    Bgimna nk mengatasi mslh tersebut.sb dh 2 minggu merah mata blom hilang.

  42. baha says:

    Kalau mata terasa nyeri,sampe’ pusing dikepala itu apa namanya? Dan bagaimanna solusinya?

  43. acung says:

    Pak. Mau nanya… Di kelopak mata kiri sy, ada benjolan seperti daging, cara pengobatan nya selain dgn operasi bagaimana ya pak.. Màkasih pak.

  44. Radian wiyarto says:

    Dok saya mau tanya, mata kiri saya sakit ,kalo ditekan di bagian tertentu didekat hidung terasa nyeri, dan belekan namun hanya dipagi hari, dan bengkak,di kelopak mata atas, cara penangananya gimana ya dok?

  45. martiqa says:

    Kalo mata terasa gatal, dan kantung mata membengkak, tp gak belekan,
    Itu gejala apa ya?
    Thanks

  46. sarah rizkiani says:

    di bagian kelopak mata saya bengkak dan nyeri tapi tidak disertai nanah kira-kira itu kenapa ya ??

  47. wulan says:

    mata kiri saya kelopaknya bengkak ,lalu matanya terasa panas dan perih ,saat berkedip kadang terasa sakit ,kenpa ya ?

  48. shepi says:

    kata dokter mata saya terdapat bintik-bintik, yang namanya makular star.
    itu pnyakit apa..?

  49. nia says:

    saya merasakan nyeri di alis kiri dekat dengan hidung…akhirnya berimbas pada mata kiri yang mudah capek..kemarin nyeri itu benar2 membuat saya tidak bisa beraktivitas…saya menggunakan eyefresh, tapi tidak terlalu berefek. kenapa ya dengan mata saya? solusinya seperti apa? terima kasih

  50. Aditya Firdani Ramadhan says:

    Ada benjolan di kelopak mata ujung atas dan bawah, tapi TIDAK TERASA SAKIT. kurang lebih 1 bulan gejala pertama benjolan ada di kelopak ujuh bawah kanan, stelah berhari-hari ada benjolan lagi di ujung atas, dan benjolan ini TIDAK TERASA SAKIT. Biarpun tidak sakit, tapi tetap mengganggu aktifitas saya. BAGAIMANA CARANYA MENYEMBUHKAN BENJOLAN TERSEBUT, saya takut akan menjadi parah?.. Mohon solusinya

  51. bayu says:

    dok saya memiliki minus dan silindris ( minus 7-8, silindrisnya 2), mata saya selalu merah dan beurat apakah obat tetes mata s lutena bisa gunakan khususnya untuk kasus saya ini. terima kasih sebelumnya

  52. soni says:

    mau tanya.. kalo bola mata merah selama berhari – hari dan mengakibatkan sering pusing itu kenapa ya??

  53. kalau terdapat lingkaran kuning di sekitar bola mata bagian dalam (hitam), itu gejala apa yaa .. ? di sebabkan oleh apa ? dan bagaimana cara mengatasinya .. ?

  54. Nio says:

    Kelopak mata selalu bengkak ketika slesai berolahraga? truss bersin2 !! itu knapa ya?

  55. firman giarto says:

    saya mau tanya pak/bu.
    saya penderita mata minus.
    dan saya di haruskan memakai kacmata / softlens.
    namun semenjak saya memakai softlens,mata sebelah kanan saya pegal,seperti otot mata tertarik rasa nya pegal,namun yang sebelah kiri baik-baik aja.
    beberapa hari sebelum nya mata kanan saya pernah kemasukan debu,apa karna debu ini mata sebelah kanan saya sakit?
    apa karna debunya tak bisa keluar dan menghambat kerja otot mata?
    mohon penjelasan nya pak/bu.

  56. nikmah says:

    sering psink d’bgian mata ampe tmbus k’kpla bgian blkang trs trkdang pndangn jdi kbur trkdang ga..
    klo pandangan ga kbur trkdang lht wrna bru skilas saat mlht sswtu…
    tlng d’jlsin pnykit pa tu n msih bsa d’smbuhin ga..mksih

  57. Rifki says:

    Ass,,mw tanya pak,,?
    Mata saya abis kena percikan debu,,,trus ad bintik putih di tengahnya,,,sering keluar air mta,n skit,perih gmna mngatasinya’nya,,?
    Trims,,!

  58. Marlla leoanak Halidi says:

    suami sy pnh keclakaan,akbt dri kclkaan itu skrg p’lhtanx krng jlas akbt dri bnturan d mata sbelah kiri.sdh d tngani oleh dr.mata n d beri obt tp smp skrg g ada perubhan & mata msh merah n trs m’ngeluarkan air mata.bgmna cra penanggulangnx spy bsa kmbli sprti semula.tks

  59. Sony says:

    Pak, saat ini mata saya mengalami sebuah bintik merah di bagian mata warna putih tetapi saya tidak melihat titik itu dari mata saya. Penyakit apa itu dan bagaimana cara perawatannya ?

  60. deeblue says:

    mata saya selalu sensitif kalo terkena cahaya matahari, misalnya saya jalan2 keluar rumah sekitar jam 11-13an saat matahari terik, kelopak mata saya itu jadi susah dibuka, sakit rasanya kalo dibuka, trus di bagian yang putihnya itu terlihat seperti ada garis2 merah seperti pembuluh darah, itu kira2 kenapa ya? apa saya photophobia?cara penanganannya gimana?
    terima kasih

  61. Dhea says:

    assalamualaikum..
    dok, apakah capek yang berlebihan bisa merupakan salah satu penyebab pembengkakan pada kelopak mata?
    jika ia, tolong dijelaskan ya.. terimakasih..

  62. Deasy lo says:

    Bs referensi dokter mata utk mama sy yg dimana mata Kanan pernah ditinju perampok ,cicin mengenai kornea hampir 20 th yg lalu , di tambah diabetes . Uda ke dr luar Dan Jakarta tapi tidak Ada perubahan , Dan dr rata2 angkat Tangan. Dan kornea nya byk Luka, sehingga selaputnya gak stabil sehingga tidak bs dioperasi kt dr. Skr kondisinya perih , keluar air mata terus, bengkak Dan merah , penglihatan tdk jelas.
    Terima Kasih sebelumnya

  63. Dani says:

    Assalamualaikum…
    Bang admin saya mau tanya, Saya mengalami sakit mata yg relatif tidak nyeri, cuma agak pegal di skitar pelipis, gejalanya timbul bintik2 hitam, garis benang dan bayangan sperti nyamuk dalam penglihatan saya, dan itu sangat mengganggu terutama ketika melihat dibawah terik matahari, semakin terlihat jelas bintik2nya, dan parahnya lg mata kiri saya sudah tidak bisa melihat ke 1 titik (terhalang kabut). apakah itu karena syaraf mata rusak? dan apakah benar itu akibat dari virus toksoplasma? jika iya, apa solusi untuk mematikan virus tersebut dan mengembalikan fungsi syaraf mata yg rusak akibat toksoplasma tsb? Apakah S lutein bisa membantu sekaligus membunuh virus tsb agar tdk kambuh lagi? Mohon penjelasannya, terimakasih

  64. zulfikar says:

    peace be with you…
    saya pnya pnyakit mata sebelah kiri, penyebabnya kira-kira setelah cuci muka pake facial foam eh kecolok mtnya, nah semenjak itu kelopak bagian dalam mata seblh kiri saya merah terus dan agak beda am yang kanan… nah itu teh kenapa pak dan solusinya apa pak? kejadia setahun lebih. haturnuhun pisan

  65. mefra yunita says:

    ass.saya mau tanya sama dr..
    ayah saya matanya katarak tapi sebelah aja,selain oprasi cara mengatasinya apa dr…??

    • alqodr says:

      wass,,,
      untuk pengobatan mata rekomendasi dari kami coba saja bu pakai obat mata s lutena
      insya allah bagus bu obatnya dan alhamdulillah sudah banyak yang cocok setelah pakai obat ini

  66. nurdin says:

    ponakan sy iritasi dari kecil sampe smp klas 3. yg d rasakan matanya gatal perih trus pedes trus..skarang d matany hitamny sudah ada putih2ny..n klopak mata tambah mengecil.sudah sering pake tetes mata n salep obat dari dlam tp msih gk berkurang..ap yg harus d lakukan..makasih

  67. wahyuliana says:

    umur saya 19 tahun, mata saya sering sakit rasanya seperti nyut-nyut klo duduk terlalu lama lalu tiba-tiba berdiri itu sakitnya sangat terasa apa lagi klo keluar dri ruangan kemuadian melihat cahaya yg terlalu panas itu juga sakit.y kambuh lagi. itu penyakit mata apa yaaahh, berbahaya tidak bagi saya? mohon penjelasan.y! Terima kasih :)

  68. agnestz says:

    mata saya pedih dan merah pada pangkal mata dan ada benjolan kecil seperti komedo di pinggir lingkar hitam bola mata,,, itu kenapa dan gimana cara mengobatinya??

  69. Munawar positif says:

    Mata Saya sering bengkak tp setelah kurang lebih satu minggu sembuh dan masih meninggalkan benjolan kecil setelah beberapa hari timbul lagi penyakitnya smpai sekarang masih berulang berulang terus ! Yg mau saya tanya gimana ya cara penyembuhanya dan pa penyebabnya ?

  70. acha says:

    sudah 1 hari saya perhatikan mata sebelah kanan saya terdapat bercak putih disamping bola hitam mata ,bentuk’y seperti benjolan dan berisi seperti air yg terbalut dengan selaput …..yang saya rasakan pegal dimata ,kira2 kenapa y dok dan apa yg hrus d’lakukan …..makasih

  71. Safitri says:

    dikantong mata sebelah kiri saya ada benjolan kecil seperti bintitat tapi itu bukan bintitat, karana sudah hampir berbulan2 tidak mengkempis benjolannya, kira2 mata saya itu kenapa yaaa..

  72. muna fadlli says:

    ayah sy 1 bulan yg lalu matanya terkena potongan rumput.trs matanya bengkak, merah, korneanya putih. kemudian sy bw ke dokter mata, 2 minggu membaik, 2 minggu kemudia dalam kornea ada kayak nanah hampir setengah dr kornea,gupalan putih pekat. sudah 1 buln ini blm ada perubahan. apa harus mengambil tindakan pembedahan? tapi saat bertanya dg dokter ku katanya gak usah gpp.. gimana apa itu berbahaya jk tdk melakukan tindkan pembedahan? trims.

  73. Astari says:

    begini, sbelum tidur saya merasakan mata kanan saya gatal skali. Lalu saya menguceknya, saya anggap biasa saja. Lalu saya tidur dan ternyata saat bangun pagi mata kanan saya sudah bengkak. Kelopak bawah mata saya bengkak, bagian putihnya menonjol dan terasa bengkak juga jadi terasa mengganjal sekali, mata saya berair terus.
    orang tua bilang itu karna dikencingin kecoak. kalau seperti itu, mata saya kenapa ya ? mohon bantuannya admin :(

  74. ida says:

    pak saya mau tanya.bapak saya umr 50thn beliau sring sekali matanya membengkak (kelopak mta)trus matanya merah..itu kenapa ya pak? trima kasih

    • alqodr says:

      coba di cari dulu penyebab utamanya bu…
      bisa karena terkena debu atau juga bisa karena terlalu sering menggunakan obat tetes mata

  75. indah says:

    permisi pak,, ayah saya merasa seperti ada benda abu2 bergelantungan di mata kanannya(menyerupai debu di dinding). ia mengalami hal tsb setelah bagian kepalanya tersetrum,
    itu penyakit jenis apa ya pak?
    atau ada yang salah pd syarf matanya

    mohon penjelasan serta solusinya

  76. indra adi mastara says:

    siang dok, maaf mengganggu,
    mau tanya, anak sy umur 7 thn, mata dibagian dalam kulit matanya ada semacam daging yg keluar, dan berair juga keluar semacam kotoran(belekan), mohon solusinya bu. sudah 3 minggu sy pake obat tetes tp tdk ada perubahan.

  77. Kiky says:

    Mata kanan saya minus 7 dan mata kiri saya minus 2, sering pegel matanya bahkan sampai sakit kepala..baru” ini saya kaget karena begitu bangun tidur ada benjolan dikelopak mata kanan dan perih sekali rasanya..dulu wakti saya kecil ada tumor dikelopak mata tapi sudah hilang.. apakah benjolan tersebut dapat hilang dengan sendirinya atau harus diperiksa ke dokter? karena saya takut bilang sama orangtua saya lagi,takut dioperasi lagi.
    bagaimana ya solusinya?
    terus, kalau gigi saya sedang kambuh sakitnya ke mata itu sakit bgt..apa ada kaitannya gigi dan sakit mata? terimakasih sebelumnya.

  78. andi says:

    gan mau nanya klo ada bintik pitih kecil di pingir item ya knp ya..

  79. andi says:

    gan ane mau nanya ..kan saya sakit mata trus pas saya liat ke kaca ada bintik putih di samping hitam ya ..itu knp ya. ??

    tolong bls ya gan.
    ▄ █ ▄ █тнαηк ソσυ█ ▄ █ ▄.

  80. lisa says:

    mata sebelah kanan saya sering gatal.. dan saat diberi obat tetes mata itu tidak berpengaruh,, dann beberapa kali saya sering merasa ada yg mengganjal di mata kanan saya.. begitu saya perhatikan ternyata pada bagian mata yg putih seperti terlihat lapisan bening.. seakan bagian putih mata saya membengkak.. tapi lapisan yg membengkak berwarna bening terlihat seperti lendir namun keras dan bukan lendir.. kalau itu kenapa ya?

  81. Rony says:

    Saya sakit mata sudah 3 hari ini.
    Mata saya terasa perih,teruz keluar kotoran terus (belekan).
    Biasa nya saya skalo sakit mata itu paling lama 3 hari udah sembuh.
    Tpi sekarang udah 3 hari tambah parah dan semakin merah.

    Kira-kira apa yang harus saya lakukan buat mencegah inveksi di mata saya.

  82. dhan says:

    permisi pak,, saya mau tanya.,

    setahun yg lalu mata kanan saya terkena cipratan semen, trus mata saya merah dan sangat sakit jika kena cahaya. kemudian saya berobat ke rumah sakit,, kata dokter mata saya OD. dibagian hitam maata ada bercak putih dan menutupi penglihatan. yang mau saya tanyakan , bisakah mata saya normal kembali tanpa operasi ? bagaimana caranya dan obatnya apa ?

    terima kasih,, mohon bantuannya

  83. Susiana Puspita wati says:

    Hallo, saya susiana berusia 20 tahun. .
    Saya mau tanya entah kenapa, bola mata saya menimbulkan benjolan putih kecil dan selalu merah tetepi saya tidak merasa mata saya perih atau sakit,. pertama sebelum saya tahu bola mata saya ada benjolannya. . . mata saya gatal-gatal saja. Sudah beberapa hari ini saya mengobati dengan obat tetes mata cair, tetepi benjolan putih kecil tidak hilang juga. Mohon saran.

  84. utari says:

    dimata sebelah kanan saya terasa sepertinya ada benjolan dan setiap bangun tidur mata saya jadi bengkak dan sakit tapi mengempes lagi dan tidak terlalu sakit sudah 3 hari berturut-turut seperti itu, kira-kira ini penyakit apa ya? Trims

  85. Permisi pak, sudah 2 hari ini saya mengalami gangguan mata. Mata saya yang sebelah kiri itu merah, pengelihatan saya juga semakin kabur seperti ada kabut dan keruh. Selain itu saya juga merasa mata sebelah kiri saya lebih berat dari biasanya. Sebelumnya mata kiri saya memang tidak terlalu berfungsi dengan baik dibandingkan dengan mata kiri. Terimakasih sebelumnya..

  86. Arga Bagas says:

    permisi Pak. mau minta bantuan sarannya..
    saya punya keluhan pak. mata panas, dan pedih. hal itu trjadi kalo saya habis baca buku sama laptop. biasanya saya kasih obat tetes biasa. terus saya buat tidur. bangun tidur biasanya ndak langsung sembuh. kalo terkena cahaya yg silau, terasa panas, pedih dan pusing sedikit ditengah alis. kira kira gejala penyakit apa ya Pak.??? dan tindakan solusinya apa.??? mohon bantuannya.

  87. fitria says:

    Mata saya sebelah kiri bagian sudut dekat hidung
    terdapat benjolan merah kecil.
    rasa nya pedih sekali.
    jika terkena air sangat perih..terutama saat cuci
    muka pakai sbun..itu kenapa ya..?
    mohon bantuan nya

  88. hakim says:

    sya selalunya tidur lewat . bila bangun mata sya gatal . lalu mnjadi merah di mata kanan sya . bila diperhatikan , ada benjolan di tepi bola mata sya . adakah ini serius ? bagaimanakah ingin menyembukan ? trima kasih

  89. vania says:

    mata kiri saya nyeri dan agak kabur kalau melihat itu kenapa ya dok

    • alqodr says:

      mungkin kecapean atau memang sudah sakit mata,,,,
      coba di konsultasikan dengan dokter mata terdekat untuk mengetahui lebih jauh

  90. vania says:

    Mata saya nyeri dan sakit .. Bagai mana cara menyembukan nya

    • alqodr says:

      insya allah dengan obat mata s lutena bisa membantu menyembuhkan,,,
      dan alhamdulillah sudah banyak yang cocok dengan obat ini

  91. sutrisno says:

    malem dok,,,,,dok apa bila saya melihat di dalam mta saya ada titik hitam banyak,,,,jadi mengganggu penglihatan saya,,,,kira” kenapa ya dok?mksih dok

    • alqodr says:

      maaf sebelumnya….saya bukan dokter..
      tapi kalau ada titik hitam yang banyak itu kemungkinan itu adalah gejala penyakit mata floater
      untuk penangannnya insya allah bisa di bantu dengan obat mata s lutena

  92. widya says:

    pak saya mau tanya,ibu saya umur 62 tahun beliau sering kali diajak bicara tdk konsen krn dia menahan matanya yg sakit.Mata ibu saya selalu berkedip,rasanya pedas perih jg sering mengeluarkan kotoran.Terimakasih sebelumnya.

  93. Azreen azmi says:

    Mata saya sering gatal dan merah. Biar beberapa ketika akan timbullah seurat benang berwarna putih. Ini menyebabkan kesakitam dan kepedihan

  94. samrock says:

    pak
    mata saya gatal dan sering keluar kotoran setiap masa,
    dan ini dah berlarutan sekitar 5 bulan,sekarang selain gatal pada mata,alis dan kulit pada dahi saya jg mengalami hal yg sama,apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya…

  95. dina says:

    Mau nanya mata sya sebelah kanan akhir akhir ini membengkak tidak merah tapi merasa sakit dan sakitnya itu seperti disebabkan oleh kelapa . Bagaimana cara mengatasinya dan apa sebabnya??

  96. yandi says:

    Assalamu’alaikum, salam sejahtera..
    Saya punya keluhan mata, pada pinggir lingkaran mata (bagian hitamnya) ada garis putih-putih yang seakan memudarkan mata hitam saya… Sepertinya semakin berjalan waktu, semakin melebar………. Mohon solusinya dan penjelasan apa saja akibat hal demikian terjadi…. Terimakasih banyak sebelumnya.. :)

  97. azalia says:

    Mata kiri saya sebelah kiri agak bendol dan kalau dipegang terasa nyeri.. Kenapa ya dok

  98. Fitria says:

    Pak saya mau tanya, mata kiri saya berwarna merah menyala tapi hanya sebagian dan tidak mengalami gejala atau sakit sama sekali, awalnya yg berwarna merah ini hanya sedikit, tp lama-kelamaan ini semakin melebar, apa ini berbahaya? Dan bagaimana penanganannya pak? Terima kasih..

  99. NurhasanahD says:

    Dok saya mau tanya di kelopak mata sebelah kanan bagian dalam saya ada benjolan kecil tapi tidak terasa sakit dan benjolan itu sepertinya semakin lama semakin membsr tp proses pembsrannya sgt lambat. apakah itu bisa dikategorikan sebagai keloid? apakah nantinya hal tsb dpt menganggu penghilatan saya?
    mohon jawabannya, terima kasih.

  100. annisa says:

    siang Dok… saya mau tanya. sekarang ini saya mengalami gangguan pada mata saya gejalanya mata saya perih, penglihatan jg jd terganggu. baru satu bulan terakhir saya lihat dibalikkelopak mata saya terlihat selaput tipis yang menutupi mata saya. apakah ini berbahaya dok? apa yang mesti saya lakukan? terima kasih sebelumnya y Dok.

  101. ibnu says:

    .pak mau tanya, ibu saya matanya keluar bintik merah seperti darah , trus 3 hari kemudian mmbesar mendekati item” di mata.. itu penyakit apa

    kira” obatnya apa ya,,

  102. wibowo says:

    dr saya mau tanya..
    di putih” mata saya kok ada warna coklat..
    itu ada gejala penyakit apa dr..
    trimakasih..

  103. sera says:

    jika mata ditepi bola Hitamnya ada sedikit daging tumbuh,,,,itu apa namanya?

  104. agung tofiq says:

    kelopak mata saya bengkak seperti ad bnjolan bgitu…
    terasa mengganjal
    kira2 kena penyakit apa ya?

  105. umar says:

    Saudara sy divonis 2 dokter kena teregyum, kt 2 dokter : blm ada obatnya, mhn info itu penyakit, penyebab n penanganan sementara , trima kasih

  106. Oktafianata says:

    Permisi mau tanya. Saya anak usia 17 th. Saya minus 2. Dan mulai 3hari yg lalu mata saya ada bintik hitam dan benang” hitam yang mengikuti bola mata saya sebelah kanan. jadi saat saya melihat Orang atau benda. Benda tsb jd buram ngga kelihatan karna ketutupan bintik hitam tsb. Itu penyakit apa ya? dan apakah bisa sembuh? dan apa obtnya? Trimakasih

  107. tri saputra says:

    permisi pak,, saya mau tanya,,, mata kiri saya bengkak,, seperti bintitan, tp mengeluarkan kotoran mata yg lengket,trus mata terasa gatal dan di bagian bengkaknya terasa sakit, kira2 ini sakit mata biasa atau bintitan atau apa?? mohon pencerahannya

  108. Retno Wulandarie says:

    Kalo saya udah 3 kali sakit mata , pertama mata kiri saya bagian atas itu bengkak tp tidak gatal itu d daerah kelopak mata atas , lalu stelah itu pindah ke mata kanan sAya d bagian bawah , d dalam matanya terdapat benjolan merAh , shingga mata saya tampak bengkak (kelopak bawah) dn skrg sya sakit mata lagi d bagian mata kiri saya , ujung kelopak mata saya rasanya perih dan jika mengedip rasanya sakit , tolong jelaskan penyebabnya dari apa , lalu cra pengobatannya sperti apa ? Terimakasih

  109. fatia says:

    Halo.saya mau tanya. Gejala apakah bila di bola mata, di perbatasan antara yg warna hitam dan warna putih ada bercak bening dan mata memerah? Dan bagaimana penyembuhan nya? Terima kasih

  110. lili says:

    kalo mata sering gatal itu disebabkan karena apa. Mata sering gatal akhir-akhir ini, terkadang sampe berair gitu…

  111. Uchiha says:

    , arigato infonya sangat membantu akhirnya saya tau cara penanganan pnyakit mata saya. .

  112. Frii says:

    Dok mau tanya nih.. mata sy sakit sudah dari beberapa hari yg lalu.dan gaa tau penyebabnya karena ap.
    Kalo bola mata saya d gerakkan rasanya sakit, trus mata sy sering berair.d kelopak mata atas, bagian bawah bulu mata, ada satu bintik kecil warna putih.menurut dokter, itu apa yaa n mata sy ini sbnrnya sakit apa yaa dok ? Dan bagaimana cara mngobatinya ?
    mohon balasannya ya dok,:)
    Trmksh :)

    • alqodr says:

      waduh maaf ya bu kami bukan dokter ,,,,,hanya kami menjual obat mata ini karena obat mata ini sudah banyak sekali membantu dalam penyembuhan sakit mata dari banyak orang
      di antaranya glaukoma , katarak, slinder, floaters, mata minus dan penyakit mata lainnya,,,,
      kalau dari cerita ibu bisa jadi itu gejala sakit mata katarak,,,,mohon di periksakan dulu di DR spesialis mata terdekat dengan lokasi ibu tinggal

  113. ridwan.am says:

    sy sdh pkai kc mt umr 25th dan skrg umr sy 54th, bbrp bln yg lalu swktu hbs bkrja mlm pke cmputr mata sy2 tiba2 sj trasa pedih akibt kena chynya, akibatnya mt sblh kiri jdi kabur sperti ad plastik putih yg menghalangi pndagn, sy sdh brobt ke dr spesialis mt, menurt dr kornea mt sy kring dulu2nya kena benturn dan sulit diobati dan bs jdi buta, apa solusi yg baik bagi mata sy, tks.

    • alqodr says:

      kalau bapak berminat bisa pakai obat mata s lutena pak,,,,, kandungan nutrisi yang terdapat pada s lutena insya allah bisa membantu kembali pemulihan untuk sakit mata yang bapak alami..

  114. tuti sulastri says:

    sudah 1 minggu mata saya sakit,kelopak mata bagian dalam kayak ada bengkak merah terasa sakit,dan mata suka berair,penglihatan ngak jelas,tolong jelaskan bagaimana cara mengobatinya,terima kasih

    • alqodr says:

      dari testimoni orang yang pernah pakai obat s lutena saya juga pernah menemukan sakit mata seperti yang ibu alami,,,,kami rekomendasikan pakai obat mata s lutena

  115. khairil says:

    mata saya suka berair dok gimana cara ngobati nya

  116. tiara hannan says:

    mata saya sebelah kanan kadang-kadang terasa perih dan beberapa waktu lalu dikelopak mata keduanya terdapat bulatan hitam kebiruan dan sekarang kelopak mata sebelah kanan seperti ada benjolannya itu ap ya..tolong ksh infonya.thx

  117. Robert says:

    Dok, sya mau tanya
    mta sya msk debu dan debu tersebut msk kedlam dan berasa ada debu yg mengganjal dan debu tersebut tdk dapat keluar hingga sekarang, kepala saya kadang” terasa pusing tapi mata saya tidak apa”. Apa akan berbahaya, apa cara mengatasinya dok?

  118. rara says:

    assalamualaikum dok, saya mau tanya
    mata saya setiap hari merah, dan syaraf mata saya terlihat berwarna merah itu sudah berlangsung selama 5 tahun, kira kira itu disebabkan oleh apa ya dok, dan bagaimana cara mengobatinya

  119. ima says:

    Siang….
    Sya mau tnya didalam kulit dekat mata ada tonjolan merah yang membuat bengkak pda lapisan kulit luar jg.
    Kadang merasa pegal matany..
    Ini gejala apa ya?

  120. suci says:

    Pagi Dokter,,,

    saya suci, sudah 4 bulan mata sebelah kiri saya terus berair, sakit. perih dan rasanya bola mata saya ingin keluar, padahal saat saya cek mata saya tidak memerah atau ada benjolan, sudah kedokter tidak sembuh juga. kira2 apa penyebab mata perih dan berair dalam jangka waktu lama? ditunggu solusinya

  121. pratiwi says:

    Dok, mata saya selalu mengeluarkan kotoran di sekitar kulit daerah bulu mata bgian atas dan seperti berkerak. Jarag sekali ada belek keluar di ujung mata. It kenapa ya dok ? Pdahal saya ngak pernah sakit mata. Thq

  122. atik says:

    Kalau pada kelopak mata dalam merah…dan timbul rasa nyeri…merah kelopak kwta kanan dan kiri itu tdk sama…kelopak mata yang kiri merah dan terasa nyeri..itu penyakit apa ya

  123. Rizal says:

    Assalamu’alaikum pak sy mau tanya mata kiri saya dihitam nya ada putih seperti awan penyakit mata apa ini ya pak? Untuk melihat jadi seperti ada kabut gitu pak tolong dijelas kan ya pak trims.

  124. vivi rismayanti says:

    kalau mata kanan serasa nyut – nyutan ( bukan kedutan ) serasa ada yg jln gitu itu kenapa yah??? sudah terjadi 2 hari belakangan ini

  125. rizki fauzi says:

    malam dok,
    Adik saya berumur 23 tahun
    Sejak kemarin mata kanan nya terasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal, saya fikir hanya debu biasa, namun setelah hari berikut nya kondisi mata semakin tidak baik dok,
    dan saat ini kondisi mata nya memerah, kelopak nya agak membengkak, ketika melihat seperti berkabut dan agak ke biruan, dan mengeluarkan kotoran mata yang cukup banyak “belekan”
    untuk saat ini sudah di obati dengan cindo cytrol.
    kira kira apa penyebab nya?
    cara mengobati nya?
    dan penanganan yang harus dilakukan dok?

  126. fani says:

    dok saya mau tanya.. sudah sekitar 4hari ini mata kiri saya merah namun merahnya hanya satu titik di daerah pinggiran bola mata saja.. terasa ada yg mengganjal di penglihatan namun tidak ada rasa gatal atau kotoran mata yang berlebihan.. saya disini menggunakan lensa kontak juga dok.. kalo boleh tau ini sakit mata apa dan bagaimana cara mengatasinya? terimakasih dok

  127. wachid says:

    dibawah mata istri saya bengkak dan memerah, ktnya terasa sakit, kira2 knp ya? pnyakit apa itu? apa harus dikompres?

  128. sitirahmawati says:

    As’salamulaikum..sakit mata saya sama ama yg comen di atas”yaitu dimana ada benjolan putih di sebelah mata hitam saya…dan itu sakitu sakit nya nyeri di urat”gigi..di pundak…maaf yah dok kalau boleh tau gimaba cara ngatasi sakit yg saya hadapi dok..??terimakasih sebelumnya

    • alqodr says:

      waalaikumsalam wr.wb
      untuk rekomendasi dari kami pakai obat mata s lutena. insya allah ada bermanfaat dan bisa membantu dalam penyembuhan sakit mata yang ibu alami

  129. cindy says:

    Saya mw nanya inii .. Mata saya kok dibagian iris pupil ny ada keluar semacam daging yang berwarna merah .. Kenpa bisa begitu? Cara mengobatinya gmana? Terima kasihh

  130. raishya says:

    Assalamualaikum…
    mata kiri saya yg hitamnya ada garis putih tipis, seperti kotoran mata.
    awalnya seperti kelilipan tapi pas di check gak ada apa-apa didalam mata.
    setelah itu muncul garis tipis putih seperti kotoran mata di bagian mata hitamnya. itu kenapa dan apa obatnya ya?
    terimakasih.

  131. rian pambudi says:

    assalamualaikum..

    saya mau menanyakan di kelopak mata saya ada semacam daging tumbuh dan itu besar dan keras menggangu sekali jadi mata saya itu sayu dan itu dari kecil saya seperti itu..
    saya pernah periksa di dokter mata aini dan kata dokter disana itu berupa bintit kecil yang menumpuk..
    saya sedri blm tau ini penyakit apa??
    mohon dgn sangat bantuan nya apa cuma operasi cara satu2 nya?
    makasih
    wassalam

  132. Mangatas says:

    Selamat sore
    mau tanya saya ada saudara sebelumnya memang matanya agak kero/ juling gitu lah. pernak dia naik motor dan kemasukkan hewan kecil gtu ke matanya dan bangun pagi matanya semuanya da putih dan berair gtu. itu penyakitnya apa pak ya?

    makasih

  133. ainul wafa says:

    mata saya kabus sebelah kiri, yang kanan normal. udh pakai kacamata min< agak berkurang tapi mata kiri masih kabur, sakit mata jenis apa? gimana cara mengobatinya?

  134. agung says:

    assallammualaikum wr.wb

    saya mau nanya, kenapa mata kanan bagian atas saya sedikit menurun dan terasa menebal, dan saya harus bagaimana?

  135. wahid says:

    dok… please.
    low mata ada bintik putih bening menonjol kecil itu berbhaya gk dok?? nama n solusi dok…
    lez mksh… mail aj

  136. khofah says:

    Bagaimana dengan gejala mata gatal, berair, belekan.. tetapi tidak merah dan tidak bengkak?

  137. aya says:

    mau tanya,
    saya seorang mahasiswi,
    mata saya sering bengkak tanpa merasakan sakit, hanya terkadang terasa sedikit gatal pada kelopak mata. setelah beberapa saat kelopakmata saya bengkak, dan hal itu sering sekali terjadi.
    hal itu bermula dari pertengahan kuliah pada tahun pertama, kelopaka mata bagian kiri saya pernah bengkak, akantetapi diiringi rasa sakit. lalu ditahun pertama sudah dioprasi, katanya penyumbatan kelenjar bulu mata. setelah sembuh, sekarang bergantian pada kelopak mata sebelah kanan. dan sudah sempat diberobatkan kembali akantetapi tetap masih sering bengkak.
    hal itu karena apa dan dengan apa penangannannya??? trimakasih atas jawabannya..

  138. d.januarty says:

    di pelupuk mata saya ada benjolan putih,awalnya kecil tapi lama kelamaan kya bisul. kira2 itu kenapa ya?..

  139. Amirul says:

    dok, kenapa mata saya setiap kali bangun tidur susah mau dibuka dan melekat dengan kotoran? dan di hujung luar kelopak mata ada bengkak dan sangat pedih jika di pegang. apa solusinya dok?

  140. iiwans says:

    dokter saya mau konsul mata sebelah kanan saya pandangannya agak gelap,umur saya 46 thn,apakah itu karena usia atau ada sebab lainnya?tlg jlskan dan pengobatannya…….atas jawabannya terima kasih…..

  141. apa obatnya jika mata sering berair karena sering main games,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>